Senin, 21 Januari 2013

KENALI BAHASA TUBUH SI PEMBOHONG

Keterbukaan dan rasa percaya adalah fondasi agar sebuah hubungan tetap kukuh. kadang, dengan berbagai alasan seseorang berbohong kepada pasangannya. Ingin mengetahui apakah pasangan tengah berbohong ? Sheri Stritof yang menulis buku Your Guide To Marriage memaparkan gejala - gejala fisik yang ditunjukkan seseorang saat tidak mengatakan yang sesungguhnya.

Berikut di antarannya....


. Pasangan melihat ke bawah saat berbicara dengan anda. Dia mencoba untuk menghindari pandangan anda.

. Ketika menatap mata anda, dia cenderung berkedip lebih banyak.

. Pasangan, mungkin, menyembunyikan tangannya supaya jemarinya yang bergetar tidak terlihat.

. Dia mengusap kepala atau mata ketika dihadapakan pada pertanyaan yang tidak diharapkan.

. Dia menyentuh atau menggaruk hidung. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ketika seseorang berbohong, jaringan sel di area hidung membesar sehingga membuat dia ingin menggaruknya.

. Dia menyentuh daerah belakang telinga, seperti menggaruk mata atau hidung yang disebabkan perasaan tidak nyaman karena telah berbohong.

. Dia meraba leher atau memperbaiki kerah baju. Penelitian lain menyebutkan bahwa berbohong menimbulkan getaran di leher sehingga si pelaku tergerak untuk menyentuh bagian leher meski tidak ada yang salah di bagian tersebut.

. Pembohong mengangguk, tetapi justru menggerakkan kepalanya ke arah gelengan. pakar hubungan Dr. Jackie Black menerangkan, ketika seseorang mengatakan sesuatu yang berkebalikan, tubuhnya bereaksi dengan mengeluarkan sikap yang bertolak belakang.

Namun, hal tersebut tidak berlaku baku. Jika terbiasa berbohong, bisa saja dia memanipulasi aksi fisiknya. "Petunjuk nonverbal dari suatu kebohongan bisa sulit ditemukan dan bervariasi dari setiap individu," ujarnya. Karena itu, anda harus benar-benar jeli untuk menafsirkan bahasa tubuhnya.

Cara lain untuk mencari tahu bahwa pasangan sedang berbohong atau tidak adalah mewaspadai perbedaan perilaku dari yang biasanya dilakukan.
Misalnya, menyembunyikan telepon genggam (dulu sering ditaruh di tempat terbuka, sekarang tersembunyi), mengubah gaya berpakaian, lebih berdandan, mulai pergi ke gym dan berolahraga secara teratur, lebih memperhatikan penampilan. Padahal, semua itu bukan kebiasaan dia sehari-hari.

Beberapa tanda tersebut bisa menjadi sinyal adanya kebohongan. Namun, dalam kondisi tertentu, dia bisa juga tunjukkan itu ketika ingin memberikan kejutan untuk anda. Percayalah pada intuisi dan minta penjelasan langsung darinya bila perlu supaya anda lebih lega dan tidak bertanya-tanya. Atau, kumpulkan bukti dari berbagai sumber.

#dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: