Sabtu, 01 September 2012

Mooncake Festival

kali ini aku lge membahas tentang mooncake.
apa ithu mooncake? sejenis kue dr negeri tiongkok. ych walaupun aku bukan etnis tionghoa.tp kalau sekadar tau gpp kn.itung2 tmbah pengetahuan.
lngsung aj.

TENTANG MOONCAKE FESTIVAL

Mooncake menjadi simbol reunion cake. Kembali berkumpul dan bersuka cita dengan makan kue bulan yang manis. Perayaan kue bulan atau mooncake festival jatuh pada hari ke-15 bulan ke-8 dalam kalender tiongkok.
Konon, pada zaman Dinasti Ming, mooncake merupakan kue perjuangan. Pada masa itu, dalam kue bulan diselipkan pesan rahasia.
Ada banyak cerita tentang sejarah kue bulan. Sekarang kue bulan lazim digunakan sebagai hantaran untuk keluarga atau kerabat.

SERBA - SERBI MOONCAKE

Mooncake atau kue bulan identik dengan rasanya yg manis. Kue dari bahan tepung terigu dan isian pasta lotus itu punya tekstur padat. Standarnya, kue bulan yg berwarna cokelat keemasan tersebut berisi pasta lotus alias pasta biji teratai.[pasta lotus sudah banyak beredar dipasaran, jd kalau mau bikin tinggal beli saja.]
Bahan-bahan untuk membuat mooncake memang spesial. Adonan kulit luarnya terbuat dari tepung terigu, sirup golden, minyak kacang, dan alkaline water. Bahan yg disebut terakhir itu juga dikenal dg nama air kie, berfungsi menghasilkan tekstur yg cenderung crispy pada kulit mooncake. Dosis yg dipake tidak banyak. Hanya seperempat sendok teh.
Sedangkan sirup golden adalah sirup yang dibuat dari gula tebu atau gula bit, teksturnya kental, menyerupai madu.[wahhh,,,bagian kulitnya sudah manis,bagian isinya pun manis. Hati-hati kena diabetes]
Dari tahun ke tahun, banyak bermunculan variasi filling mooncake. Tak hanya white lotus, mooncake jg diberi aroma pandan, green tea, black sesame, hingga red dates.[untuk yg beraroma green tea,tambahkan green tea powder pada pasta lotus yg digunakan. Proporsinya 80% pasta lotus, 20% green tea. Aroma yg lain jg seperti itu.]
Cetakan mooncake pada umumnya berbentuk bulat. Namun ada pula yang berbentuk kotak dan oval. Selanjutnya, proses baking dilakukan dua kali. Pertama, kue dioven 180 derajat Celsius selama 15 menit. Lalu, dinginkan beberapa saat, lapisi dg kocokan kuning dan putih telur. Panggang lagi kue dalam oven selama 3-5 menit. Gunanya supaya warnanya tetap bagus, cokelat keemasan.[ribet amat,tp terbayar dg hasilnya yg memuaskan.]
Setelah matang dan dikeluarkan dari oven, simpan mooncake dalam suhu ruang. Boleh disimpan di lemari es, asal bukan di frezzer.
Yang unik, mooncake sebaiknya dinikmati dua hari setelah dibuat. Kenapa demikian???
Setelah dua hari, teksturnya semakin lembut, keluar minyak di permukaan kue sehingga lebih lezat untuk dinikmati.

Tanpa menggunakan bahan pengawet apapun, mooncake bisa tahan 2-3 minggu. Dengan catatan, mooncake dibiarkan utuh. Jika diiris, sebaiknya mooncake segera dikonsumsi dalam jangka waktu 2-3 hari.

Jika kalian ingin mencoba membuat mooncake. aku beri resep untuk membuatnya.
Selamat mencoba.^^

BAKED MOONCAKE with lotus paste and single egg yolk.
untuk 10 porsi

Kulit luar
220 gr   tepung terigu
200 gr   sirup golden
40   gr   minyak kacang
1/4 gr    alkaline water

Filling/Isi
1.700 gr  pasta lotus
10 butir   kuning telur bebek
100 gr     biji melon

Cara Membuat :
. campur semua bahan kulit, uleni hingga menjadi adonan halus, sisihkan selama 30 menit. bagi adonan menjadi 40 gram per porsi.
. gunakan campuran biji melon dengan pasta lotus dan bagi pasta menjadi 170 gram per porsi. bungkuslah 1 butir kuning telur bebek ke dalam setiap porsi pasta, bentuk menjadi bulatan.
. Ratakan 1 porsi adonan dan bungkus di dalam isi (filling) serta bentuk bulat-bulat.
. Tempatkan adonan dalam cetakan, tekan perlahan, lalu angkat lagi dari cetakan.
. lakukan hingga sepuluh adonan selesai.
. Panggang dalam oven dengan temperatur 180 derajat celcius selama 15 menit hingga warnanya kuning keemasan. Setelah itu, angkat kue dari oven, lapisi dg kocokan kuning dan putih telur di bagian permukaan, lalu oven lagi selama 3-5 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan dengan baik sebelum disimpan.

NOTE :
Filling untuk mooncake tersedia dalam beragam varian. Selain white lotus yang merupakan basic filling, tersedia filling pandan, green tea, black sesame, red dates, dan banyak lainnya.

Resep utama mooncake tetap, bedanya hanya pada komposisi filling.

GREEN TEA FILLING
1.360 gr  pasta lotus
340    gr  green tea powder
10 butir   kuning telur bebek
100   gr   biji melon

PANDAN FILLING
1.360 gr  pasta lotus
340    gr  esens pandan
10 butir   kuning telur bebek
100    gr  biji melon

RED DATES FILLING
1.360 gr  pasta lotus
340    gr  red dates
10 butir   kuning telur bebek
100    gr  biji melon

BLACK SESAME FILLING
1.360 gr  pasta lotus
340    gr  wijen hitam
10 butir   kuning telur bebek
100    gr  biji melon

[resep dari chong loong fatt | dim sum chef hotel jw marriot surabaya]



Tidak ada komentar: