Jumat, 14 September 2012

Music Video K-Pop Palimg Psycho


 Music video dari bintang K-Pop tidak hanya monoton diisi dengan konsep dance. Berbagai warna dihadirkan dengan gradasi yang menyajikan kesan bahagia hingga kelam.
 Konsep anti sosial, cenderung gila dan mengarah pada tindakan psycho termasuk salah satu yang menarik untuk dibahas. Tak bisa dipungkiri tema gangguan psychology manusia dalam titik ekstrem ini termasuk tema yang kuat.
 Berbagai judul music video mulai dari milik G-Dragon - She's Gone, Kim Hyun Joong Please - Be Nice to Me dan Brown Eyed Girls - Cleansing Cream mampu membuat fans merinding melihatnya.
 Lalu apa saja music video K-Pop yang menghadirkan garis merah gangguan mental di dalamnya?


1. Epik High - Breakdown

Dengan beat dan irama DJ yang rancak, music video dari lagu Breakdown menghadirkan adegan-adegan yang cukup sadis. Tiga member Epik High berlumuran darah akibat disiksa.

Penyakit mental yang ditampilkan dalam lagu ini tidak hanya mencakup perseorangan, namun kejahatan sistematis yang mengintimidasi psikis dalam bentuk mafia.

Meski video yang ditampilkan cukup kejam, lirik lagu Breakdown sendiri sebenarnya positif. Lagu ini membahas seseorang yang menginginkan kebebasan.

2. Brown Eyed Girls - Cleansing Cream

Sudut pandang yang ditampilkan dalam music video ini cukup menyayat. Secara tidak biasa kita diajak tenggelam dalam dimensi seorang anak berkebutuhan khusus, dan mulai jatuh cinta.

Namun karena selalu terkurung dalam rumah, satu-satu sosok pria yang bisa ia raih adalah suami dari kakak perempuannya. Anak tersebut pun secara menyedihkan ingin memakai make up seperti kakaknya meski dirinya buta.

3. G-Dragon - She's Gone

Sikap posesif yang berlebihan tentu bukan suatu yang baik. Lirik lagu She's Gone dari G-Dragon menggambarkan sosok seorang yang tidak bisa move on dari kehilangan orang yang dicintainya.

Kesedihan karena ditinggal membuat pria tersebut terjebak dalam alkohol.

G-Dragon menggambarkan lagu tersebut dengan satu sosok Psycho yang menyiksa dan mengejar gadis yang pernah disukainya. Dalam lorong gua berlabirin dan membunuhnya.

4. Davichi - Because I Love You My Love

Music video dengan konsep yang begitu dramatis, dan juga dibintangi oleh Lee Hyori. Dalam lagu Because I Love You My Love Davichi menggambarkan seorang sosok perempuan yang bisa menjadi psycho dan baru saja menjalani hukuman akibat perbuatannya.

Akting kuat Lee Hyori dengan make up tebal, permen karet dan telinga bunny ketika menyiksa orang yang ia cintai menghadirkan sensasi pedih namun menakutkan.

5. Sunny Hill - Pray

Terkurung dalam ruang gelap di bawah penjara, dengan tubuh seperti seorang monster. Ketika kebebasan diberikan dan orang yang memberi kebebasan tersebut adalah sosok wanita cantik, tanpa sadar pria yang memiliki tubuh monster tersebut luluh.

Namun apa jadinya jika ternyata kebebasan tersebut hanya suatu yang semu, dan tubuhnya hanya dijadikan percobaan penelitian hari demi hari di satu laboratorium?

6. Suki ft Kahi - One Love

Kegilaan, terutama yang dilakukan oleh seorang wanita kerap berawal dari rasa cinta. Dikemas dalam dua seri music video drama pendek, One Love menggambarkan bagaimana seorang bisa melakukan hal yang begitu jauh ketika rasa cintanya bertepuk sebelah tangan.

Music video ini menggambarkan garis merah stereotype dari kecantikan. Guna membalas dendam, seorang wanita gemuk yang kurang menarik di mata pria yang ia sukai, menjalani operasi plastik untuk menghancurkan hidup pria tersebut.

7.  Outsider - Acquintance

Acquintance dari Outsider menggambarkan dengan sempurna perasaan depresi dan tidak bisa diterima. Menariknya music video ini dikemas secara abstrak dengan paduan scene ubur-ubur dan seorang wanita cantik yang penyendiri.

8.Phantom - Hole In Your Face

Rasa posesif memang bisa sangat menakutkan dan dekat dengan gangguan mental. Phantom menyajikan semua itu lewat adegan pria yang tergantung terbalik, dengan tangan terikat dan baju pasien rumah sakit jiwa.

Ketika satu-satunya foto dari wanita yang ia cintai terbakar, kesan ironis dan sakit tidak bisa memiliki begitu kental terasa.

9.K im Hyun Joong - Please Be Nice To Me

Akting Kim Hyun Joong dalam music video lagu Please Be Nice To Me layak mendapat jempol. Sosok psychopath sebagai pembunuh berdarah dingin mampu dihadirkan Kim Hyun Joong dengan sempurna.

10.  Miryo - Dirty

Dari benang merah 10 music video yang ada, lagu Dirty dari Miryo dikemas secara berbeda. Minus nuansa angst yang kelam, Dirty ditampilkan cukup fun meski tema yang diambil cukup psycho.

Kadang kita baru sadar bahwa orang-orang di sekitar kita brengsek ketika tengah berada dalam kondisi terpuruk. Ending dari MV ini cukup epic di mana semua orang brengsek dalam music video itu meninggal.

# Kapanlagi.com

Tidak ada komentar: